RSS

The Wedding: Best Moment

Setelah disibukkan dengan segala persiapan, penantian yang begitu panjang, LDR-an yang melelahkan (namun menyenangkan :D) , akhirnya hari bahagia kami tiba,,,,

Thanks buat seluruh keluarga yang sudah membantu, buat semua teman dan saudara yang sudah datang, buat Iko Catering khususnya Tante Lia yang sudah membuat pesta pernikahan kami menjadi moment yang ngga terlupakan.

Khusus postingan ini saya ngga nulis banyak deh, cukup share foto aja, hehe…

For the first time in forever
Unforgettable moment…

Check this out…

image

image

image

image

image

image

 
Leave a comment

Posted by on April 8, 2015 in Uncategorized

 
Image

The Wedding

Acara.. (66)-001

 
Leave a comment

Posted by on April 8, 2015 in Febriyan

 

Utun’s Diary Part 3: Yuk Mengenal Istilah Pada Hasil USG!

Hello Readers… Dalam Utun’s Diary sebelumnya ada beberapa istilah pada hasil pemeriksaan USG. Nah, biar mamanya utun dan pembaca ga bingung yuk kita simak beberapa istilah dan penjelasannya di bawah ini ^^:

  • LMP (last menstrual period): hari pertama haid terakhir.
  • EDD (LMP): perkiraan persalinan berdasarkan tanggal menstruasi.
  • GA (Gestational Age): perkiraan umur kehamilan, pengukurannya berdasarkan pada panjang tungkai lengan, ataupun diameter kepala. Jika salah satu dari GA di foto USG Anda menunjukkan besaran yang tidak normal, dokter langsung bisa mendeteksinya sebagai kelainan. Terutama GA di bagian kepala.
  • GS (Gestasional Sac): merupakan ukuran kantong kehamilan berupa bulatan hitam. Digunakan untuk mengukur kehamilan di trimester pertama.
Gestational_sac_diameter_by_gestational_age

GS vs GA

  • CRL (Crown Rump Length): (Jarak Kepala Bokong) ukuran jarak dari puncak kepala ke ‘ekor’ bayi. Digunakan untuk mengukur usia kehamilan trimester pertama / 7w-10w.

Menurut Wiki, formulanya kira-kira bisa kita hitung seperti ini

Gestational age [weeks of pregnancy] = crown-rump length (cm) + 6.5

CRL vs GA

CRL vs GA

  • BPD (Biparietal diameter): ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Digunakan untuk mengukur janin di trimester dua atau tiga. Rasio ini digunakan untuk mengetahui pengukuran dalam, kelainan kepala atau anggota gerak bawah, dan untuk mendeteksi gangguan pertumbuhan janin.
  • FL (Femur Length): ukuran panjang tulang paha bayi. Digunakan untuk mengukur kehamilan di trimester dua atau tiga.
  • HC (Head Circumferencial): lingkaran kepala. Digunakan untuk mengukur usia kehamilan di trimester dua atau tiga.
  • AC (Abdominal Circumferencial): ukuran lingkaran perut bayi. Biasanya pengukurannya disatukan dengan pengukuran BPD dan akan menghasilkan perkiraan berat bayi. Digunakan untuk mengukur kehamilan di trimester dua atau tiga.

Berikut adalah tabel untuk perbandingan GA dengan BPD, FL, HC,dan AC:

Weeks
Gestation
BPD
(mm)
FL
(mm)
HC
(mm)
AC
(mm)
12 21 8 70 56
13 25 11 84 69
14 28 15 98 81
15 32 18 111 93
16 35 21 124 105
17 39 24 137 117
18 42 27 150 129
19 46 30 162 141
20 49 33 175 152
21 52 36 187 164
22 55 39 198 175
23 58 42 210 186
24 61 44 221 197
25 64 47 232 208
26 67 49 242 219
27 69 52 252 229
28 72 54 262 240
29 74 56 271 250
30 77 59 280 260
31 79 61 288 270
32 82 63 296 280
33 84 65 304 290
34 86 67 311 299
35 88 68 318 309
36 90 70 324 318
37 92 72 330 327
38 94 73 335 336
39 95 75 340 345
40 97 76 344 354
41 98 78 348 362
42 100 79 351 371
  • FTA (Fetal Trunk Abdominal): merupakan panjang badan.
  • F-HR (Fetal Heart Rate): frekuensi jantung bayi.
  • EFW (Estimation Fetal Weight): perkiraan berat bayi.
  • FW (Fetal Weight): berat janin.

Berikut ini adalah perbandingan panjang dan massa janin berdasarkan GA nya, silahkan simak tabel berikut🙂

Gestational age Length (US) Weight (US) Length (cm) Mass (g)
(crown ‘kepala’ to rump ‘bokong’) (crown to rump)
8 weeks 0.63 inch 0.04 ounce 1.6 cm 1 gram
9 weeks 0.90 inch 0.07 ounce 2.3 cm 2 grams
10 weeks 1.22 inch 0.14 ounce 3.1 cm 4 grams
11 weeks 1.61 inch 0.25 ounce 4.1 cm 7 grams
12 weeks 2.13 inches 0.49 ounce 5.4 cm 14 grams
13 weeks 2.91 inches 0.81 ounce 7.4 cm 23 grams
14 weeks 3.42 inches 1.52 ounce 8.7 cm 43 grams
15 weeks 3.98 inches 2.47 ounces 10.1 cm 70 grams
16 weeks 4.57 inches 3.53 ounces 11.6 cm 100 grams
17 weeks 5.12 inches 4.94 ounces 13 cm 140 grams
18 weeks 5.59 inches 6.70 ounces 14.2 cm 190 grams
19 weeks 6.02 inches 8.47 ounces 15.3 cm 240 grams
20 weeks 6.46 inches 10.58 ounces 16.4 cm 300 grams
(crown to heel) (crown to heel)
20 weeks 10.08 inches 10.58 ounces 25.6 cm 300 grams
21 weeks 10.51 inches 12.70 ounces 26.7 cm 360 grams
22 weeks 10.94 inches 15.17 ounces 27.8 cm 430 grams
23 weeks 11.38 inches 1.10 pound 28.9 cm 501 grams
24 weeks 11.81 inches 1.32 pound 30 cm 600 grams
25 weeks 13.62 inches 1.46 pound 34.6 cm 660 grams
26 weeks 14.02 inches 1.68 pound 35.6 cm 760 grams
27 weeks 14.41 inches 1.93 pound 36.6 cm 875 grams
28 weeks 14.80 inches 2.22 pounds 37.6 cm 1005 grams
29 weeks 15.2 inches 2.54 pounds 38.6 cm 1153 grams
30 weeks 15.71 inches 2.91 pounds 39.9 cm 1319 grams
31 weeks 16.18 inches 3.31 pounds 41.1 cm 1502 grams
32 weeks 16.69 inches 3.75 pounds 42.4 cm 1702 grams
33 weeks 17.20 inches 4.23 pounds 43.7 cm 1918 grams
34 weeks 17.72 inches 4.73 pounds 45 cm 2146 grams
35 weeks 18.19 inches 5.25 pounds 46.2 cm 2383 grams
36 weeks 18.66 inches 5.78 pounds 47.4 cm 2622 grams
37 weeks 19.13 inches 6.30 pounds 48.6 cm 2859 grams
38 weeks 19.61 inches 6.80 pounds 49.8 cm 3083 grams
39 weeks 19.96 inches 7.25 pounds 50.7 cm 3288 grams
40 weeks 20.16 inches 7.63 pounds 51.2 cm 3462 grams
41 weeks 20.35 inches 7.93 pounds 51.7 cm 3597 grams
42 weeks 20.28 inches 8.12 pounds 51.5 cm 3685 grams
43 weeks 20.20 inches 8.19 pounds 51.3 cm 3717 grams

Demikianlah istilah-istilah dalam USG dari berbagai sumber, karena saya bukan orang kebidanan maupun kedokteran maka informasi di sini hanya referensi. Mohon maaf jika ada penjelasan yang salah, bagi bunda yang membaca dan bersedia mengkoreksi dengan senang hati saya akan edit kembali isi postingan ini.🙂

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Gestational_age

http://en.wikipedia.org/wiki/Gestational_sac

http://en.wikipedia.org/wiki/Crown-rump_length

http://www.brooksidepress.org/Products/Military_OBGYN/Ultrasound/2ndand3rdTrimesterUltrasoundScanning.htm

http://ibuhamil.com/diskusi-umum/29469-bantu-baca-hasil-usg-pleaseee.html#ixzz3EUI7y9e4

http://hotmommies.wordpress.com/2009/12/07/membaca-hasil-usg/

http://simplynella.blogspot.com/2012/03/pemeriksanaan-usg-pada-kehamilan.html

 
Leave a comment

Posted by on September 27, 2014 in Utun (Baby)

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Utun’s Diary Part 2: Trimester Pertama, Beratku Turun 4 Kg

Syukur Alhamdulillah, aku akan segera menjadi Ibu kyaaaaaa ^___^… norak ya, biarin😛. Bagaimanapun kehamilan adalah peristiwa yang Amazing bagi aku dan Febri, bayangkan ada sesuatu yang sedang berkembang di dalam rahimku dan kelak ia akan lahir menjadi manusia yang mewarisi gen ayah dan ibunya. Meski belum ada perubahan bentuk tubuh tapi aku kadang geli sendiri setiap kali Febri bilang, “wah udah mulai keliatan ya” sambil elus-elus perutku. Aku manyun kemudian ngikik sendiri, soalnya perutku emang udah buncit dari sononya hehe, malahan dulu waktu di Commuter Line ada yang pernah menawari aku duduk karena disangka hamil, lebih dari sekali pula ugh… >.<‘.

By the way  soal buncit, aku mau sharing sedikit ya, for all beautiful woman who sometimes complain about your body size and shape. 25% dari tubuh wanita normal adalah lemak yang jumlahnya memang lebih banyak dari pada pria, dan lemak yang mulai dibentuk pada masa pubertas ini memang berguna untuk mengandung. Sangat wajar jika kita para wanita mudah menggemuk di bagian tubuh sana sini, eitss… jangan mengeluh dulu dan buru-buru diet sampe langsing bingitz  kayak  Yuri, Sooyoung, Yoona, Taeyeon, Jessica, dll. Olahraga supaya tetap bugar dan ngga obesitas memang penting, tapi jangan berlebihan sampe kurus kerontang kayak tiang😀. Khusus buat para wanita yang memang merencanakan kehamilan maka kita perlu mengukur Indeks Q* (konsep tubuh ideal dari Quetelet, Belgia) yang menekankan pada keseimbangan berat tubuh dan tinggi. Jika terlalu kurus dikhawatirkan wanita akan menjadi tidak subur dan tak mampu mengandung kecuali dengan menambah berat tubuhnya, pun jika ia berhasil mengandung kemungkinan bayi akan terlahir kecil. Sedangkan jika terlalu gemuk maka dikhawatirkan wanita akan mengalami resiko kesulitan menstrual dan masalah hamil.

Nah, begini nih cara menghitung Indeks Q…

Indeks Q = berat badan dalam kilogram / tinggi dalam meter^2

misalnya

Indeks Q – ku = 61 / (1,65 x 1,65) = 22,4

mari kita lihat hasilnya dalam penjelasan berikut:

< 20 = Kurus = Beresiko meningkatnya bahaya amenorrhoea (tidak terjadinya haid) dan ketidaksuburan

20-25 = Ideal = tepat untuk mengandung dan memiliki kesehatan yang baik

26-30 = Agak Gemuk =  Agak berbahaya terhadap kesehatan

>30 = Kegemukan = Meningkatnya resiko haid yang tidak teratur dan masalah pada kehamilan

Nah gimanaaa sudah menghitung Indeks Q anda? Pada akhirnya semua kembali kepada Allah SWT, rezeki dan kesehatan kita serahkan kepada Dia yang Maha Mengatur segalanya.

Baiklah setelah intro yang begitu panjaang, sekarang saatnya mencatat hasil pemeriksaan Utun di Trimester pertama dalam diary ini ^^.

Pemeriksaan Pertama: 31 Mei 2014

Berat badanku saat itu 61 Kg, tekanan darah 120/80 (normal sebab kisaran tekanan darah normal yang umum adalah terendah 80/60 dan paling tinggi 120/80). Alhamdulillah saat di USG sudah terlihat penampakan si kecil meski belum terdengar detak jantungnya.

GS: 1.96 cm

GA: 7w1d

EDD: 16-01-2015

2014-08-30 08.02.38

Berhubung aku mengalami flek sebelum pemeriksaan ini, maka selain memberikan Folac yang diminum 2x sehari 1 kapsul, dokter juga memberikanku penguat janin (lupa namanya -_-) berupa kapsul lunak berbentuk peluru yang dimasukkan lewat (maaf) dubur setiap malamnya hingga usia kehamilanku mencapai usia 12 minggu.

Pemeriksaan Kedua: 14 Juni 2014

Berat badanku turun 2 Kg menjadi 59 Kg, tekanan darah 110/70 (normal untuk Ibu hamil).

CRL: 1.21 cm

GA: 7w3d

EDD: 28-01-2015

2014-08-30 08.02.38

GA nya ternyata masih di 7w3d hehe, otomatis EDD nya juga berubah. Selama kehamilan ini aku memang mual-mual tapi untungnya ga sampai muntah-muntah, karena aku mulai pilah-pilih makanan (jadi ngga suka sama makanan padang dan maunya yang seger dan asyem aja) berat badanku jadi turun, tapi aku masih merasa sehat dan dapat beraktifitas normal baik di kostan maupun di kantor.

Berhubung sempat keluar flek lagi (ngga banyak sih) dokter masih memberiku penguat janin, hm… mungkin karena aku bolak-balik Jl.Nangka – Rumbai (Chevron) setiap harinya menggunakan motor. Aku sempat khawatir janinku lemah, tapi syukurlah semuanya baik-baik saja. Kebetulan akhir bulan ini kami akan segera menempati rumah di Rumbai dan berhubung jam kerja Febri makin laaamaaaa plus ga teratur waktunya (Febri pindah ke bagian Marketing) jadi aku udah ga bisa mengandalkannya untuk menjemputku sepulang kerja. Daerah rumah kami juga belum dilalui angkutan umum dan kami ga punya kendaraan selain mobil dinas Febri. Makaaa dengan semua alasan itulah aku memutuskan berhenti bekerja di Boas dan fokus pada kehamilanku serta pekerjaan rumah tangga saja, welcome to the house wife world!!😀

Pemeriksaan Ketiga: 5 Juli 2014

2014-08-30 08.04.09

Gambar 1 (kiri)

CRL: 3.49 cm

G.A: 10w 3d

EDD: 28-01-2015

Gambar 2 (kanan)

BPD: 1.43 cm

G.A: 12w0d + 8d

EDD: 17-01-2015

Karena kebetulan posisi utun sedang bagus, maka foto USG 3Dnya juga dicetak. You are so beautiful sweety…

2014-08-30 08.03.36

Bulan Ramadhan tiba dan aku sudah tidak bekerja lagi, hari-hariku diisi dengan main eh numpang di rumah rekan senasib >> Meta << dari pagi hari sampai dijemput Febri malam harinya. Suami Meta adalah rekan sekantor Febri yang sama-sama sedang dinas di Pekanbaru, dan kami adalah para istri yang kerjanya istrirahat dan merawat diri di rumah saja hehe….V(^__^’)V

Berat badanku lagi-lagi turun 2 Kg menjadi 57 Kg, tekanan darah 110/60. Rasa pusing dan sakit kepala melanda di pagi dan siang hari, aku juga makin ga selera makan, tapi masih selera makan buah-buahan. Gara-gara badan lemes selama numpang di rumah Meta lebih banyak meta yang memasak, aku sering ketiduran dan pas kebangun makanan udah jadi aja hehe… (Tun… mama malu-maluin ya :D) #peace and thanks udah maklumin gw ya Ta :*

*Panduan Lengkap Perawatan Kehamilan, Dian Rakyat, 1995.

 
Leave a comment

Posted by on September 27, 2014 in Utun (Baby)

 

Tags: , , , ,

Utun’s Diary Part 1: “Akhirnya Kami Tahu Kamu Hadir”

Bulan Mei 2014 sudah memasuki pertengahan, dan 5 bulan lebih pernikahan kami sudah berjalan. Harusnya di akhir bulan ini menstruasiku sudah terjadi, namun sepertinya tanda-tandanya belum juga muncul. Aku harap-harap cemas, jangan-jangan bulan ini aku ngga akan mendapatkan menstruasi yang artinya aku hamil! Perasaan senang menyelimutiku selama 2 hari setelahnya, namun sayangnya 1 hari kemudian muncul sedikit flek, aku sedih dan kecewa karena ini artinya kami harus mencoba lagi. Flek itu hanya terjadi selama satu hari, hm.. biasanya tanda kedatangan menstruasiku memang begitu, flek-jeda (bersih)-menstruasi normal. Tapi seminggu setelahnya tidak ada tanda-tanda keluarnya darah menstruasi, yang terjadi malah lagi-lagi keluar flek. Menjelang akhir bulan Mei aku mulai curiga dengan kondisiku, dan memutuskan akan membeli test pack.

Malam hari sepulang kerja aku dan Febri makan di nasi uduk Bude Lami dekat Mall Pekanbaru bersama dua orang rekan kerjanya, Pak Yanto dan Pak Charles. Waktu menunjukkan pukul 10 malam dan perutku sudah lapar sekali, tapi entah kenapa mencium bau masakan seafood membuatku mual dan ngga berselera makan, akhirnya aku hanya memesan nasi uduk tanpa lauk apapun, takut mubazir hehe… Febri memesan ayam goreng, dua orang rekannya memesan sup kerang dan ikan bakar, hm… kelihatannya enak banget sih, tapi aku cuma bisa ngiler dalam hati karena yakin kerongkonganku bakal menolak semua itu (nantinya di akhir trimester pertama aku baru sadar kalau kehamilan ini membuatku alergi pada seafood terutama udang *padahal dulunya engga lhoo*) Sepulang makan aku menceritakan perihal jadwal menstruasiku yang ngga teratur pada Febri, dan dia begitu antusias mendengarnya ^^. Sekitar pukul 11 malam kami mencari apotek yang masih buka dan membeli test pack. Aku beli merek Pregcy, harganya Rp. 25.000,- banyak teman yang bilang kalau memang sudah positif test pack harga Rp. 5.000,- pun pasti akurat, tapi berhubung yang ini ada wadah untuk menampung urine maka ga masalah lah hehe..

2014-05-26 23.28.41

Pagi harinya aku baru melakukan test-pack, kenapa pagi hari? Beberapa artikel menyebutkan bahwa uji test pack lebih baik dilakukan di pagi hari sebab pada masa tersebut kadar hormone HCG (human chorionic gonadotrophine / hormon kehamilan) sedang maksimal. 1 detik..2 detik.. 3 detik.. dan Subhanalloh… aku benar benar senang saat melihat dua garis merah muncul dan segera bersih-bersih untuk menginfokan pada Febri perihal ini. Febri juga menunjukkan reaksi yang sama, kami merasa ini luar biasa, akhirnya setelah 5 bulan menanti kami diberi kepercayaan oleh Allah, terima kasih ya Allah…

2014-05-27 06.41.45

Pagi itu kami ngobrol ringan tentang rencana pemeriksaan kehamilan pertamaku, Febri pun bercerita jujur tentang apa yang ia rasakan sebelum aku positif hamil. Ia bercerita bahwa sebelum ini ia belum sepenuhnya yakin (anggap hanya 90% yakin) untuk memiliki buah hati. Meskipun kami tidak pernah menunda, tapi karena keinginan yang belum 100% mungkin bisa jadi penyebab kami baru mendapatkan kepercayaan di bulan ke 5 pernikahan. Aku sendiri pun mengakui perasaan yang sama, di awal pernikahan aku merasa takut akan perubahan siklus kehidupan selama hamil nanti, keterbatasan gerak, dan terlebih tanggung jawab sebagai seorang Ibu yang begitu besar. Febri pun demikian, awalnya ia merasa khawatir akan tanggung jawab yang akan ia jalani, terutama secara financial. Namun tanpa kami saling mengungkapkan, belum lama ini masing-masing dari kami telah memantapkan hati untuk siap sebagai orang tua bagi buah hati pertama kami, dan syukur Alhamdulillah Tuhan pun merestuinya. Welcome to the World Utun….<3

 
Leave a comment

Posted by on August 23, 2014 in Utun (Baby)

 

Tags: , ,

Merangkai kata-kata itu sulit, tetapi….

17 Februari 2013 sampai dengan hari ini, tanggal 4 November 2013. Yap, 261 hari sudah saya tidak menuliskan hari-hari bahagia itu. Atau dengan kata lain, sudah 37 minggu saya tidak membuka Microsoft Word 2010.

Senin pagi, Pekanbaru  tetaplah ramai dengan kendaraan. Hari yang cerah, untuk jiwa yang berbunga-bunga ^^

Tidak banyak yang terjadi sejak 17 Februari 2013 –terakhir saya menulis di blog ini- karena memang jarak kami yang cukup berjauhan. Saya di Pekanbaru, Indri di Jakarta. Seingat saya, hanya lima kali saya pulang ke Jakarta.

Merangkai kata-kata itu sulit, tetapi lebih sulit bertemu dengan kamu sayang..

Hari demi hari saya menulis, namun baru sekarang sempat memindahkannya di blog ini…

Day by day: 13 Maret 2013 – 18 Maret 2013
Day by Day: 29 Maret 2013 – 2 April 2013
Day by Day: 3 Agustus 2013 – 12 Agustus 2013
Day by Day: 25 September 2013 – 27 September 2013
Day By Day: 2 Oktober 2013 – 7 Oktober 2013

 
Leave a comment

Posted by on November 4, 2013 in Febriyan

 

Day By Day: 2 Oktober 2013 – 7 Oktober 2013

Mungkin untuk bagian ini, saya cukup menunggu Indri yang menulis.. ^^

 
1 Comment

Posted by on November 4, 2013 in Febriyan

 

Tags: ,

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.